Wisata Air Sodong  Dipercaya Jadi Obat (bisa untuk pesona)

Foto: Para pengunjung yang berenang menikmati air curug sodong.(HRB)

KLAPANUNGGAL – Wilayah Kabupaten Bogor bagian timur seperti Kecamatan Klapanunggal, memiliki potensi wisata yang cukup menarik. Seperti Mata Air Sodong di Desa Linggarmukti ini dipercaya masyarakat luar yang berkunjung sebagai obat.

 Mata air Sodong adalah hulu sebuah sungai, dimana airnya keluar dari dalam tanah di bawah sebuah bukit kapur. Dari mata air ini, sebelum airnya jatuh ke sungai di bawahnya dibendung membentuk kolam pemandian seperti sekarang ini.

“Airnya jernih, dingin dan menyegarkan ditambah bisa jadi obat gatal maupun penyakit aneh lainnya,” kata Warga setempat, Roy (38) Sabtu (12/6/2021).

Hal serupa dikatakan Saep (35) mengaku jika air wisata sodong ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ketika sudah berendam di kolam tersebut.

“Betul, banyak teman saya bilang ini airnya ajaib bisa sembuhkan penyakit bagi yang mempercayainya,” tuturnya.

Pengurus Mata Air Sodong , Yan (26) mengatakan,Mata Air Sodong sudah ada sejak tahun 2008.  awalnya tempat ini hanya dijadikan tempat untuk mencuci oleh warga sekitar, tapi lama kelamaan banyak orang datang ke sini untuk mandi atau berenang.

Baca juga:  Jalan Hampir Putus Pemda Cuek

“Pengunjung yang datang kesini rata-rata pada bawa keluarga, biasanya yang punya anak-anak pada mainnya kesini,” kata Ian.

Kolam Mata Air Sodong terdiri dari dua kolam. Yang pertama kolam utama sekaligus sungai untuk irigasi, sedangkan yang kedua merupakan kolam renang buatan, namun airnya tetap dari Mata Air Sodong yang mengalir.

Kolam pemandiannya di batasi dengan jembatan. Meski terbilang pemandian alam, namun kolam renang ini selalu dikuras secara berkala dan tidak pernah kering karena memiliki mata air tersendiri.

“Jika sebelumnya ramai, kini sejak pandemi pengunjung kita batasi dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes),” terangnya.(As)

Tags: , ,