Wisata Desa Kiarasari Resmi Dibuka

Foto : Desa Wisata Kiarasari.

Sukajaya – Wisata Bukit Stevia Yang Berlokasi Di Kampung Cilongok Gunung Leutik, Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor resmi dibuka untuk umum, Kamis (24/06/2021).

Selain launching wisata bukit Stevia Desa wisata tersebut juga telah mengukuhkan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mana tujuannya untuk  pengelolaan  potensi sumber daya alam dan kearifan lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kepala Desa Kiarasari Ahyar Suryadi mengatakan, selain meresmikan wisata baru Bukit Stevia Desa Kiarasari juga telah melakukan penghijauan di area wisata baru tersebut. 

“Sebanyak 200 pohon dari berbagai jenis kita tanami agar bagaimana caranya untuk menghidupkan lingkungan daripada tidak dimanfaatkan. Dimanfaatkan untuk wisata jadi hasilnya nanti agar bermanfaat untuk di lingkungan masing-masing yang ada di Desa Kiarasari,” ujarnya.

Sementara Itu, Ketua Desa Wisata Rojak, mengatakan, setelah identifikasi untuk Desa wisata sehingga menemukan Bukit yang mana menjadi titik pandang Desa Kiarasari.

“Kebetulan di Gunung Leutik ini ada satu Bukit hal ini menarik untuk menjadi tempat titik pandang nya Kiarasari, ” ungkapnya. 

Baca juga:  Santri Hafidz Qur’an Skoba Madani Ikuti Kejurnas Silat Piala Menpora

Menurutnya Dibukanya wisata Bukit Stevia itu hasil swadaya murni oleh warga Kampung Cilongok gunung leutik Rw06 yang mana  Saat ini telah dikukuhkan nya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). 

“Kurang lebih tiga bulan pembukaan sampai hari ini dan kesadaran warga disini cukup tinggi karena  kita mempunyai budaya gotong royong, ” ujarnya. 

Sementara untuk fasilitas di wisata tersebut masih dalam tahap proses Swadaya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga bagaimana kedepannya menjadi wisata yang ramah adaptif juga memang punya prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan. 

“Stevia ini hanya salah satu destinasi yang berada di atas bukit Saya berharap bagaimana masyarakat sadar akan lingkungan dan untuk pihak pemerintah Desa maupun Kabupaten dirinya mendukung inisiatif  hasil swadaya ini, ” tukasnya. (Andri/M.Ilyas)

Editor : Muzakkir

 

 

Tags: