Wisata Papalidan Sensasi Main Air dan Nikmatnya Kopi Asli Cigombong 

Wisata PapalidanWisata Papalidan River Tubing dan Warung Kopi Sadaya di Kampung Muara, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.(hrb)

Cigombong – Wisata Papalidan River Tubing dan Warung Kopi Sadaya di Kampung Muara, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi, terutama bagi mereka yang berjiwa petualang dan gemar menguji adrenalin. 

Wana Wisata Papalidan Ciburuy Adventure Plus ini merupakan buah kreativitas pemuda-pemudi yang tergabung dalam Karang Taruna Sadaya Ciburuy. Berbekal pengalaman serta potensi wisata yang yang ada, mereka pun sepakat untuk membuka usaha bersama dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki desanya. 

Di tempat ini para pengunjung bisa merasakan sensasi mengarungi arus sungai Muara Bohlam menuju Sungai Cisadane sepanjang satu kilometer. Sembari mengarungi sungai, para pengunjung pun bisa melihat pemandangan di sepanjang sungai yang dikelilingi lebatnya pepohonan hijau laiknya berada di aliran sungai dalam hutan. 

Meski tracknya cukup menantang, namun wahana air yang satu ini dijamin aman untuk anak-anak. Karena pihak pengelola tetap mengutamakan sisi keselamatan para pengunjung dengan menerapkan standar keselamatan sesuai prosedur. 

“Di jamin akan dan seru untuk menguji adrenalin. Dan yang tak kalah penting, keselamatan pengunjung tetap menjadi hal utama. Karena saat mengarungi sungai mereka akan didampingi para guide (pemandu) yang sudah berpengalaman,” ujar Dede Kuswandi, pengelola lokasi yang juga Ketua Katar Sadaya tersebut. 

Wandi menjelaskan, sebelum mengarungi sungai, para pengunjung terlebih dahulu akan mendapatkan  pencerahan dari para pemandu tentang cara menggunakan tubing termasuk pola keamanan selama berada di arus sungai. 

“Ya sebelum turun ke sungai, mereka kita berikan edukasi dulu tentang tata cara bermain air, termasuk penerapan pola keselamatan mereka,” jelasnya. 

Baca juga:  Distribusi Air Bersih dari BPBD Kabupaten Bogor Dibantu Babinsa Kecamatan Kemang

Selain itu, sebelum atau sesudah mengarungi sungai, para pengunjung pun bisa bersantai sembari menikmati nikmatnya seduhan kopi yang tersedia di Warung Kopi Sadaya yang berada di tepi sungai tersebut. Kopi yang tersedia di tempat ini merupakan kopi asli yang berasal dari perkebunan kopi di kawasan Cigombong. 

“Kopi yang disuguhkan merupakan kopi asli Cigombong, salah satunya yaitu kopi Ciwaluh yang bercita rasa tinggi dan tak kalah dengan kopi-kopi lainnya yang bisa ditemukan di kafe-kafe ternama. Pokoknya dijamin seru dan penuh sensasi deh,” terangnya. 

Selain beberapa jenis kopi, tempat ini pun menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti wifi, mushola, kamar bilas serta spot foto bagi para pengunjung. Maka tak heran, jika tempat ini ramai dikunjungi berbagai kalangan, terutama kalangan muda-mudi meski hanya sekedar untuk menikmati seduhan kopi dan suasana sekitar. 

“Di sini juga tersedia menu lainnya seperti nasi goreng, pisang goreng serta berbagai menu tambahan lainnya dengan harga terjangkau,” tambahnya. 

Ilham, pengunjung asal Jakarta mengaku puas karena bisa menghabiskan waktu bersama teman-temannya di tempat ini. 

“Seru abis dan bikin ketagihan. Karena selain menantang, para pemandu juga sangat profesional, terutama dalam menjaga keselamatan pengunjung. Ditambah lagi tempat ini berada di tepian sungai yang masih asri dan natural. Pokoknya kita bakal datang kesini lagi deh,” tandasnya.(AS) 

 

Tags: